Senin, 09 Maret 2009

Microsoft edition 7




Microsoft nampaknya akan segera menghentikan langkah Linux di pasaran netbook sebagai OS alternatif. Karena sebentar lagi Microsoft akan meluncurkan OS terbarunya yang bertajuk Windows 7 Starter edition yang dipastikan akan jauh lebih murah dibanding XP Home Premium sekalipun.
Seperti kita ketahui beberapa waktu lalu telah diumumkan secara resmi bahwa Windows 7 akan tersedia dalam 6 versi. Walaupun tidak semua dari versi Windows 7 disebarkan secara merata di setiap negara, sebagai contoh hanya tersedia 5 versi untuk UK. (Untuk Indonesia berapa versi ya kira-kira?)
Starter edition ini memang disasar oleh Microsoft untuk pasar netbook, yang selama ini kebanyakan produsen netbook mengkonsumsi beberapa OS seperti Windows Vista, ataupun yang lebih murah lagi seperti Windows XP, dan Linux.
Dari wawancara eksklusif PC Pro dengan Laurence Purnell, salah satu Manager Produksi Microsoft. Saat ditanya tentang harga dari Starter Edition ini, dipastikan Starter Edition akan jauh lebih murah dari edisi Home Premium-nya. Untuk berapa harga pastinya, Laurence Purnell tidak memberikan angka pastinya.

Purnell juga menjelaskan bahwa kelak akan banyak dari produsen netbook yang akan menggunakan Starter Edition pada produknya, walaupun sejumlah produsen netbook juga menawarkan opsi untuk instalasi Windows 7 edisi Home Premium. Tergantung dari permintaan konsumen yang menginginkan performa lebih atau harga yang lebih murah.
Namun nampaknya langkah Microsoft akan sedikit terganjal karena beberapa produsen netbook sudah mengkomplain performa Starter Edition yang kabarnya sudah cukup berat untuk menjalankan tiga aplikasi di netbook secara bersamaan. Tak hanya itu, ternyata Starter Edition ini tidak menghadirkan fitur multitouch yang seharusnya dapat diaplikasikan pada tablet devices.
Microsoft menampik bahwa itu adalah sebuah kekurangan yang tidak terpikirkan, Microsoft menyatakan bahwa memang ada sejumlah fitur yang ditiadakan untuk penghematan biaya. Jadi apabila dibandingkan dengan Windows 7 seri Home Premium jelas berbeda, karena dari segi harga saja sudah berbeda.
Purnell menambahkan bahwa Starter Edition sengaja dibuat memang disesuaikan dengan peforma dasar suatu netbook. Sehingga apabila ada sejumlah konsumen yang tidak dapat menikmati fitur Multimedia yang menawan, karena memang mereka menggunakan PC dengan layar yang salah. Seharusnya mereka berpindah ke layar yang lebih besar atau yang sering disebut Desktop PC sehingga seluruh kebutuhan Multimedia yang diinginkan dapat tersedia.
Penasaran? kita tunggu seperti apa sepak terjang Windows 7 Starter Edition yang akan segera tersedia di sejumlah netbook keluaran terbaru.

1 komentar:

  1. Hai friend.
    Blognya keren, kesannya klasik, karena kertasnya kertas kuno. Good banget deh. Lanjutkan terus blognya yaa, ajak orang lain mengerti bahwa penggemar musik itu keren, dan rahmatan lil'alamiin.
    Kalau sempat silahkan mampir ke blog saya, "Sosiologi Dakwah" di http://sosiologidakwah.blogspot.com
    Kalau mau ngelink atau mau ngikuti juga boleh.
    Udah yaa, trims...

    BalasHapus